Taekwondo Sangat Bermanfaat Bagi Anak Anak


Saat ini taekwondo sangat digemari oleh masyarakat di berbagai usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai motivasi belajar taekwondo-pun juga beragam. Dari yang hanya sekedar untuk menjaga fisik agar tetap prima, untuk bekal bela diri, hingga motivasi untuk mengejar prestasi alias menjadi atlet taekwondo.

Meningkatnya animo masyarakat terhadap olah raga seni bela diri asal Korea ini, tidak lepas dari berbagai manfaat yang diperoleh. Salah satu manfaat tersebut dilihat dari segi kesehatan, yang berdasarkan penelitian ternyata olah raga taekwondo sangat baik untuk perkembangan otak. Sangat baik bagi otak dikarenakan olah raga ini memiliki perpaduan sinergis antara ketahanan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan dan strategi yang memerlukan determinasi dan konsentrasi tinggi dalam gerakan-gerakannya.
Bagi para orang tua, membekali putra-putrinya yang berusia dini dengan mengikutsertakan mereka dalam kegiatan olah raga taekwondo, tentu sangat banyak manfaatnya. Namun demikian, perkembangan psikomotorik anak yang terus meningkat dan dinamis perlu diperhatikan pula oleh para pelatih. Secara psikologis dan teknis tentu saja berbeda mengajarkan anak berlatih taekwondo dengan anak usia remaja atau dewasa. Dalam konteks ini, dibutuhkan kaidah-kadiah pembelajaran multilateral tentang latihan taekwondo bagi anak usia dini dengan baik. Walaupun dalam pelaksanaannya, latihan taekwondo tetap berpegang teguh pada prinsip dasar dan teknik gerakan, namun para pelatih juga sebaiknya memperhatikan sejauhmana program latihan juga tetap memberikan manfaat pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab secara kognitif, anak-anak khususnya anak usia dini membutuhkan ruang yang menyenangkan untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang terus belajar dan bermain.
Berlatih taekwondo adalah salah satu aktivitas belajar yang memerlukan konsentrasi. Pelajarannya dapat disesuaikan dengan usia anak dan tingkat keahliannya. Seorang anak dapat belajar taekwondo dari gerakan-gerakan ringan seperti gerakan dasar dan jurus, setelah itu jika sudah mencukupi umurnya, maka dapat ditambah porsinya. Keahlian yang mendasar dan terus dipelajari, tentunya bagi anak dapat meningkatkan koordinasi gerak, kondisi fisik, fleksibilitas, keseimbangan dan kecerdasan mental.
Berlatih taekwondo bagi anak juga dapat pengembangan moral dan personaliti anak dengan baik. Dalam kaitan ini, anak-anak dapat belajar menghormati diri mereka sendiri dan juga orang lain, belajar konsentrasi lebih tinggi dan meningkatkan disiplin diri serta pengendalian diri karena senantiasa ditempa dalam semangat sportifitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan terhadap sesama. Disiplin diri yang dibangun sebagai hasil dari belajar dan melatih teknik, biasanya terbawa didalam kehidupan sehari-hari anak tersebut, misalnya di sekolah. Dimana ia akan belajar konsentrasi dan fokus pada sasaran untuk mencapai tujuan prestasi belajarnya.


Manfaat taekwondo lainnya bagi anak-anak adalah meningkatkan daya tahan dan perkembangan fisik anak secara sehat. Sebab dalam latihan, biasanya pelatih kerap mengajarkan kepada anak-anak untuk membiasakan diri bergerak secara dinamis. Yakni bermain sambil berlari, menendang, menghafal jurus dan sebagainya serta mendokrin untuk makan-makanan yang sehat dan bergizi agar memiliki fisik yang kuat. Dengan kebiasaan berlatih seperti itu, secara positif anak akan terbentuk nalurinya untuk menuruti nasehat pelatih agar sejak dini belajar hidup sehat.

Selain itu, taekwondo juga mengajarkan kepada anak untuk belajar Respek, menghormati orang lain dan berjiwa besar mengakui kekurangan diri sejak dini.  Kebiasaan berlatih, bertarung dan bertanding secara sportif, tentu mengajarkan anak-anak untuk menghormati kelebihan diri dan kekurangan orang lain.

Disamping itu kelebihan yang dimiliki anak tentu akan menambah kepercayaan diri, sebaliknya kekurangan yang dimiliki, akan dengan terbiasa menyadarkan kepada anak bahwa dalam kehidupan persaingan antar individu sangat tinggi. Jika sudah begitu maka anak akan terbiasa untuk terus memperbaiki dan meningkatkan potensi dirinya.
Berlatih taekwondo sejak dini juga akan melatih anak untuk memiliki kebangaan dan kepercayaan terhadap diri sendiri, dikarenakan anak-anak dapat merasa ia memiliki keterampilan khusus di cabang olah raga ini. Yakni menguasai hal-hal tertentu yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Taekwondo melatih mereka untuk membentuk kepercayaan diri itu. Namun demikian, pelatih tentu saja harus menyadari bahwa proses pembentukan kepercayaan diri anak-anak juga harus dibarengi dengan tantangan melatih mental dan moral anak. Yakni bagaimana membuat anak tetap baik dan tidak sombong dengan kelebihannya itu.
Manfaat lain taekwondo bagi anak-anak juga membentuk keberanian dalam diri. Jika seorang anak selalu takut, dia akan merasa kurang mampu menghadapi lingkungannya. Belajar taekwondo akan membantu anak-anak menghadapi ketakutan mereka dan mengalahkannya. Konsekwensi dari berhasilnya anak-anak mengalahkan rasa takutnya, maka mereka akan terbiasa untuk tidak akan takut mencoba hal-hal yang baru.
Dari kesemua itu, yang paling penting adalah taekwondo pada prinsipnya mengajarkan anak-anak untuk tidak mudah menyerah dan bahwa mereka dapat berhasil jika mereka bertahan dan mau tetap berusaha.

Jadi adalah tepat bagi orang tua yang telah memasukkan anaknya untuk ditempa mental dan kepribadiannya ke dalam klub-klub taekwondo. Dan bagi para orang tua yang  hendak mengikutsertakan putra-putrinya untuk membentuk dan meningkatkan karakter dan kepribadian tumbuh kembang anak secara positif sesuai dengan minat dan hoby anaknya, maka taekwondo adalah salah satu pilihan yang tepat untuk itu.



(***taekwondoindonesianews)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com